Khasiat dan Manfaat Buah Kawista Untuk Kesehatan - Zona Berita

Info Seputar Berita Terkini


HOT NEWS !!!!

Post Top Ad

Minggu, 27 November 2016

Khasiat dan Manfaat Buah Kawista Untuk Kesehatan

Tips Kesehatan - Khasiat dan Manfaat Buah Kawista Untuk Kesehatan,Tak banyak yang tahu manfaat buah kawista sebagai obat. Padahal, ia ampuh mengobati penurun demam, pengelat, tonikum, obat sakit perut, obat haid, gangguan hati, gigitan dan sengatan hewan berbisa, dan obat mual-mual. Orang Jawa biasa memanfaatkan buah kawista untuk berbagai minuman kesehatan seperti cola van java yang mirip coca cola karena berbuih dan berbusa. Manfaat lainnya sebagai campuran obat herbal atau jamu-jamuan, minuman tonik, aneka panganan serba dodol.


Buah kawista yang sudah matang mengeluarkan aroma harum berselera segar. Kulit buah kawista sangat tebal sehingga saat jatuh tak akan membuat rusak bagian dalam buah itu sendiri. Dulu, buah ini memiliki nilai komersial tinggi sehingga mudah dijumpai di pasar-pasar. Saat ini, sudah tak dijumpai lagi sehingga termasuk buah langka.

Manfaat Buah Kawista Untuk Kesehatan

1. Sebagai minuman segar
Buah kawista dibanting sampai retak, lalu buahnya dikeruk ke dalam gelas. Selanjutnya ditaburi dengan gula pasir. Adonan ini sudah bisa langsung dimakan, dan akan lebih segar lagi kalau ditambah es. Rasanya menyegarkan dan mendinginkan tenggorokan.

2. Bermanfaat sebagai penurun demam dan sakit perut.
Daging buah kawista yang dikonsumsi segar mampu menurunkan sakit panas dan penyembuh sakit perut. Juga bisa mengurangi gangguan haid saat darah mens berlebih, gangguan hati, dan menghentikan rasa mual-mual akibat gangguan hormonal.

3. Sebagai tonik atau penguat tubuh
Sifatnya yang dingin itu membuat daging buah sering dijadikan campuran untuk jamu-jamuan yang berfungsi sebagai tonik atau penguat tubuh dan melancarkan proses metabolit tubuh. Tubuh pun akan kembali segar seperti semula.

4. Dibuat menjadi aneka dodol
Daging buah kawista yang dibuat menjadi dodol adalah sumber energi yang tepat bagi yang suka bekerja keras. Disuguhkan bagi para pekerja yang terbiasa kerja sangat bagus karena akan segera mengembalikan energi yang terbuang.

5. Cola van java
Disebut demikian karena setelah buah kawista diolah menjadi minuman semacam sirup akan mirip sekali dengan minuman bersoda. Saat di lidah, terasa ada seperti gas yang menyelusup ke rongga hidung layaknya minuman coca cola dan sejenisnya.

Itulah beberapa manfaat buah kawista yang bisa diketahui sampai saat ini. Masih butuh penelitian dan pengembangan untuk mengetahui manfaat buah ini secara luas. Buah kawista itu sendiri bersifat mendinginkan sehingga bagus untuk mengobati penyakit yang bersifat panas seperti infeksi, panas dalam, kanker, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad